4 Fakta Susu Kental Manis yang Belum Banyak Diketahui

In Artikel Pilihan 136 views

Susu kental manis menjadi produk pilihan keluarga karena rasanya yang manis, penggunaan yang praktis, dan juga cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan makanan dan minuman. Banyak yang menyukai susu kental manis sebagai pelengkap dan tambahan gizi setiap hari ataupun pengganti selai dalam roti. Rasanya yang manis disukai oleh banyak orang.

Susu Kental Manis

Susu Kental Manis

Fakta Susu Kental Manis

Namun tahukah anda ternyata susu kental manis memiliki beberapa fakta yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Fakta-fakta ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli susu kental manis. Berikut terdapat beberapa fakta dari susu kental manis :

1. Berbeda dengan susu evaporasi

Banyak yang mengira bahwa susu kental manis merupakan susu evaporasi. Padahal keduanya merupakan produk yang berbeda meskipun sama-sama melewati proses penguapan terlebih dahulu. Penguapan dilakukan untuk menghilangkan sebagian besar kandungan cairan sehingga dapat menghasilkan susu dengan konsistensi yang lebih kental.

Yang membedakan susu evaporasi dengan susu kental manis yaitu kadar gulanya. Susu kental manis telah ditambahkan gula sebelum melewati proses penguapan sehingga tingkat kekentalannya melebihi susu evaporasi sedangkan susu evaporasi tidak ditambahkan gula. Warna susu evaporasi juga lebih gelap dibandingkan susu kental manis.

2. Sebagian besar bahan dasarnya gula

Sebagian besar bahan dasar susu kental manis adalah gula. Gula digunakan untuk mengawetkan susu dan juga meningkatkan konsistensinya. Awalnya susu kental manis memang digunakan untuk meningkatkan kekentalan makanan. Ada juga yang menggunakannya sebagai pengganti telur pada makanan penutup yang umumnya memiliki tekstur yang creamy.

Karena mengandung banyak gula, tidak disarankan untuk terlalu sering dikonsumsi apalagi dalam jumlah banyak karena dapat menyebabkan diabetes dan obesitas. Konsumsi susu kental manis sewajarnya saja agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

3. Memiliki kalori yang tinggi

Susu kental manis ternyata memiliki kalori yang tinggi dikarenakan kandungan gula di dalamnya. Satu sendok makan susu kental manis mengandung 2 gram lemak dan 1,5 gram protein. Lemak pada susu kental manis merupakan lemak jenuh yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan kardiovaskuler.

Meskipun begitu, susu kental manis menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan krim karena krim bahkan mengandung 5,5 gram lemak dalam 1 sendok makan. Sebagian besar susu kental manis juga sudah mengandung vitamin dan nutrisi pada produknya sehingga lebih sehat.

4. Tidak cocok untuk bayi

Jangan pernah memberikan susu kental manis kepada bayi karena dapat menyebabkan diare. Kandungan susu kental manis berbeda dengan susu formula sehingga lebih cocok dikonsumsi orang dewasa. Tetap berikan produk khusus bayi untuk bayi dan jangan memberikan produk susu lainnya untuk menjaga kesehatan si kecil. Berikan juga dalam porsi yang tidak berlebihan.

Banyak yang menganggap bahwa susu kental manis berbahaya bagi kesehatan. Pernyataan tersebut salah. Susu kental manis tidak berbahaya untuk dikonsumsi asalkan dikonsumsi dalam porsi yang wajar pada usia yang tepat dan tergantung riwayat penyakit yang diderita. Susu kental manis juga bukanlah produk yang dilarang untuk dikonsumsi asalkan konsumen bijak dalam mengonsumsinya.

Apabila tertarik, anda bisa mengonsumsi susu kental manis Frisian Flag yang mengandung lemak nabati, protein, karbohidrat, 8 jenis vitamin dan mineral seperti kalsium dan fosfor sebagai pelengkap sajian yang dapat dipadukan dengan makanan sehat lainnya. Susu kental manis Frisian Flag dapat dibeli di Blibli.com dengan berbagai pilihan rasa dan harga yang terjangkau.

Tags: #Fakta Susu Kental Manis #Susu Kental Manis

author
Author: 
No related post!
Must read×

Top